Friday, September 28, 2012

Terima dan Kasih

Kata-kata sedekah sih udah sering denger sejak dulu kalaaaa. Anggapan pertama yang hinggap pasti sama, "sedekahnya ya mesti nunggu ada uang dulu lah". Terus juga "sedekah itu juga, ya nunggu ada uang sisa dari belanja-belanji kebutuhan, nah sisanya baru disedekahin." dan "kalau sedekah ga boleh meminta imbalan, itu pamrih namanya.". That was on my mind, too.

Tapi suatu hari mendengar ceramah di masjid, tentang bersedekah. Kata ust nya "Terima dan kasih. Kalau kita sudah menerima (dapat rezeki), segera kasih (dibagi-bagiin)." Nah loooh, jangan dimakan bulet-bulet dong yah yang kita dapet.

Terus juga beberapa bulan terahir ini ngefollow orang-orang yang rajin bersedekah nih, yaaah lumayan 'geli' sih. Tiap hari dielu-elu kan tentang kata sedekah ini. Pertama "naon sih?", Kedua "Oh gitu ya", ketiga bantuin nge-Retweet! :))))

Pemahaman mulai bergeser. Baca-baca blognya Muhammad Assad, terus ngefollow orang-orang yang udah punya bukti tentang sedekah, kok jd terbalik yah? 
"Kalau mau rezekinya lancar ya sedekah lho!" Diceritain segala lho bukti-buktinya hehehe :p
"Habis sedekah, berdoa dong, minta imbalan sama Allah." Wah pas denger kok ngelunjak gitu ya, ngarep imbalan banget kesannya :p. 

Terbersit kata-kata Ippho Santosa, "Orang yang gak sedekah aja sering berdoa (meminta), masa orang yang sedekah gak boleh?"

Hmmm...ning..nong..ning..nong......L...O..A..D..I..N..G..!


Oh ya? Jadi gitu ya rahasianya?

Iya, sayang banget loh. Ibaratnya kaya invest ajah. Uang yang kita kasiin ke yang butuh (sedekah) itu akan muter balik lagi ke kita loh, kalo bahasa ngelunjaknya. Didobel-dobelin deh! Plus nabung buat 'ntar' juga. Hehehee.

Kalo sedekahnya nunggu kaya mah, atuuuuh .. kan kebutuhan juga makin banyak. Justru bersedekahlah, maka kita akan dicukupkan, soalnya yang disedekahin itu gakan sia-sia, Allah juga gakan lupa kok :p. Oh iya, pernah denger juga, sbenernya malaikat di kanan-kiri kita itu (yang mencatat amal baik dan buruk) bukan untuk Allah juga catetannya, Allah mah udah tau kita ngapain aja, tapi dicatet buat ntar bukti tuh pas di 'pengadilan'. Kan misal ada yang mengelak.."Kapan Ya Allah aku kaya gitu, aku mah ga pernah gitu".."Eiiits, nih catetannya, nih video klipnya"...*duh jadi merinding sendiri, tobat-tobat T_T*

Balik lagi, oh iya jadi sedekah tuh kaya invest gitu loooh, invest tuk hari akhir, hehehe,,


Nah ini juga pernah denger, pkonya denger teruslah atau baca gituuu...
Sedekah yang nilainya paling utama itu adalah pada IBU dan Ayah (Orang tua sendiri)
Kedua, pada saudara-saudara dan kerabat dekat.
Ketiga, baru pada orang lain.

Gitu deh urutannya, jadi sedekah pada yang terdekat dulu, sodara-sodara dulu tuh misal ada yang jauh, kesulitan, lebih utama daripada ke orang lain. Kalo udah cukup kaya raya melimpah, sedekahlah juga pada orang lain. (Makanya kita harus kaya raya! Buat ngasi-ngasihin lagi ke orang laen mksdnya :p)


Jadi sekarang nih, saya juga lagi nyobain, bner ga sih itu teh?
Cobaaa ah 'invest', eiiits taunya baliknya didobel2in lhooo! Hehe coba aja sendiri lah


Iya tau iya, senyum juga sedekah kok. Coba tambahin dikit ajah, senyum+apaaaa gitu hehe, pasti kita ada kelebihan kok
Sedekah mah sedekah aja, jangan hitung-hitungan laaaah hihi.
Mintain juga sama Allah, orang selama ini juga masih dicukupkan kan kan kan? Ngakuuuuuuu :p
Yaudah mulai sekarang abis sedekah, ngarep-ngarep dikit gapapa kok. Hihihi asal untuk kebaikan




Okay. See you again, later! Ciao
Cut Intan Meutia

No comments:

Post a Comment