Monday, October 15, 2012

Cerita Bus #1

Memang benar kata dosen saya, "rumah jauh jadi kaya pengalaman."

Satu atau dua bulan kemarin, saya seperti biasa pulang menggunakan Bus Damri sebagai kendaraan. Sore itu kalau tidak salah adalah jam terakhir untuk beroperasi. Saat naik bus keadaan memang sudah lumayan penuh.

Tiba di Halte Pasteur, seperti biasa.. penumpang melonjak masuk apalagi sudah tahu bahwa itu bus terakhir. Semakin padatlah keadaan di dalam bus. Saya masih bisa duduk. Menengok ke arah kanan, ada 2 orang kakak-adik, lelaki dan perempuan yang masih kecil, hmmm mungkin 6 dan 4 tahunan.

Mereka berdua dan ibunya terpaksa berdiri di dalam bus karena memang di dalam bus sudah sangat sesak. Tetapi mereka berdua masih bisa bercanda. Tidak tega melihat, saya persilakan ibu dan anak-anaknya duduk karena mereka masih sangat kecil. Tidak tega mereka akan berdiri sampai keluar Tol Padalarang nanti. Lalu ibu pun langsung meyuruh kedua anaknya duduk.

Dan saya pun berdiri, untuk menggantikan posisi mereka tadi. Mereka berdua duduk dan masih tetap bercanda. Tak lama, ibu tadi menoel tangan saya sembari bilang "Terima kasih ya, semoga segala urusannya dilancarkan sm Allah." Langsung saya jawab "Iyaaa." dan tersenyum, di dalam hati "Aamiin, aamiin Ya Allah pengen lulus TAnya" *doa colongan*

Rasanya terharu, mungkin beberapa detik saya mempersilakan, dia diam untuk merangkai kata-katanya tsb dan ingin mengucapkan terima kasih pada saya.
It's so precious I think. Untuk dapat doa sari seorang yang tidak dikenal, dalam keadaan tersebut.

Saking terharu, mata saya sedikit berkaca-kaca. Rasanya, melakukan hal kecil kaya tadi sangat menyenangkan, apalagi balasannya doa, yang mana sangat saya butuhkan.

Saya tidak mungkin dalam posisi tersebut kalau saya berkendara pakai mobil pribadi.
Di dalam kendaraan umum, malah menemukan interaksi dan didoakan dengan (yang saya yakin sangat) tulus.

Jadi saya bersyukur aja kalau memang harus pakai kendaraaan umum, karena orang yang kita lihat tiap hari bisa beda-beda, segala rupa :)

Kamu juga punya pengalaman menarik?

No comments:

Post a Comment